Wisuda Stikes Citra Delima Bangka Belitung Ke-VII

Submitted by admin on Sat, 10/20/2018 - 04:26
Wisuda Wati

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Citra Delima Bangka Belitung mewisuda 144 sarjana baru untuk program studi Kebidanan (Diploma III), Strata Satu Keperawatan dan Profesi Ners. 

Wisuda sarjana tahun akademik 2017-2018 dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Babel drg Mulyono Susanto, Perwakilan Lembaga Layanan Pendidkan Tinggi Wilayah II Palembang Rustinah, Ketua Yayasan Citra Delima Babel Purnomo Herru Pudjiarto, Pembina Yayasan Citra Delima Babel DR dr H Hendra Kusumjaya M Epid, dan pengawas Ir Hj Nurhayati serta wisudawan dan orangtua.

Perwakilan Lembaga Layanan Dikti Wilayah II Palembang, Rustinah mengatakan Stikes Citra Delima Babel telah membuktikan komitmen turut serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Dimana menurut Rustinah, Stikes Citra Delima Babel selalu konsisten dalam melaksanakan tri dharma perguruan tinggi."Dengan kesungguhan dari Civitas Akademika Stikes Citra Delima, maka wisudawan dan wisudawati dapat menyelesaikan studinya dengan baik," ujarannya. Dikatakan Rustinah menyampaikan ucapan selamat kepada Stikes Citra Delima Bangka Belitung yang sudah mendapatkan akreditasi B. Bahkan doa Rustinah, agar ke depannya Stikes Citra Delima Babel menjadi akreditasi A. Sehingga menurut Rustinah, dalam hal pengembangan, pihaknya sangat optimis karena Stikes Citra Delima Babel sudah berkomitmen untuk peningkatan kualitas berkelanjutan yang menyangkut penyediaan sumberdaya pengaturan proses pemanfaatan sumber daya dan perbaikan suasana akademik kondusif. "Untuk menghasilkan keluaran yang bermutu dan berdaya saing, akan terus dilakukan. Dalam hal peningkatan kualitas dan pengembangan dosen sangat diperlukan. Karena dilihat dari komposisi kualifikasi prodi," ungkap Rustinah. Upaya yang dilakukan mendorong dan memberi kesempatan seluas-luasnya bagi dosen untuk melanjutkan studi kejenjang yang lebih tinggi.

Wisuda sarjana diawali prosesi senat terbuka yang dibuka Ketua Stikes Citra Delima Babel dr Hj Sjenileila Boer M Epid berlangsung di Ballroom Soll Marina Bangka, Sabtu 13 oktober 2018.

Ketua Yayasan Citra Delima Bangka Belitung Purnomo Herru Pudjiarto DSM S Sos mengemukakan Stikes Citra Delima Babel, terus berupayakan mengoptmlakan daya upaya untuk menghasilkan sumberdaya manusia yang diharapkan dalam upaya menwujudkan kecerdasan emosional, inetelekual dan spiritual.

"Yayasan berkomiten secara terus menerus melakukan evaluasi dan perbaikan tatanan struktur serta sistem organisasi yang ada di Stikes Citra Delima Babel," ujarnya.

Bahkan kata Purnomo dalam upaya peningkatan kualitas sumberdaya manusia, ditingkat lokal maupun nasional, pada gilirannya diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi kualitas mutu lulusannya.

"Alumni Stikes Citra Delima Babel akan siap bersaing di era global yang sangat kompetitif dengan lulusan pendidikan lainnya. Baik di Babel maupun provinsi lainnya," jelas Purnomo.

Purnomo mengemukakan bahwa wisuda bukanlah merupakan hari akhir dari proses pendidikan formal bagi sarjana keperawatan. Karena ungkap Purnomo bahwa pendidkan profesi Ners merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan.

"Profesi Ners ini merupakan wajib bagi sarjana keperawatan. Hal ini sesuai dengan edaran organisasi Asosiasi Institusi Pendidkan Ners Indonesia, bahwa selurh penyelenggara pendidikan keperawatan wajib menyelenggarakan pendidikan keperawatan tahap program akademik dan tahapan program prifesi ners," katanya.

Disisilain Ketua Stikes Citra Delima Babel Hj Sjenileila Boer menjelaskan sebanyak 144 orang yang diwisuda hari ini, dari tiga prodi yaitu D III Kebidanan, S1 Keperawatan dan Profesi Ners.

Menurut Sjenileila Boer, tiga program studi yang ada di Stikes Citra Delima Bangka Belitung memiliki akreditasi B. Namun sekarang ini persiapan akreditasi institusinya.

"Sekarang ini yang harus ditingkatkan akreditasi institusi. Dimana untuk institusi harus diakreditas yang saat ini akreditasi B. Untuk ke depan tentunya akreditasi institusi meningkat, harus menjadi akreditasi lebih tinggi" ujarnya.

Ditambahkan Sjenileila Boer, mahasiswa yang saat ini masih menempuh pendidikan di Stikes Citra Delima Bangka Belitung sebanyak 334 orang. Namun dua orangnya diantaranya meninggal dunia.

Dalam acara wisuda, Ketua Stikes Citra Delima Babel mengajak yang hadir untuk sama-sama menyampaikan doa kepada, dua orang mahasiswa yang meninggal dunia."Kami dari civitas akademika Stikes Citra Delima menyampaikan turut bela sungkawa," ungkap Hj Sjenileila.

Harapan Hj Sjenileila, bagi alumni yang sudah bekerja yang kuliahnya pada institusinya akreditasi B, agar menjadi sukses. Bagi mereka yang baru mendapat program profesi Ners, mudah-mudahan mereka bisa lolos pada penerimaan CPNS.

Dalam kesempatan itu pula, Jajaran Pimpinan Stikes Citra Delima Babel menyerahkan penghargaan kepada para wisudawan-wisudawati terbaik. Serta memberikan penghargaan kepada satu wisudawati berupa wisudawati berdedikasi kepada Bidan Tiyana Lumban Raja Berusia 66 Tahun IPK 3,26. 
(rya)

Wisudawan-wisudawati terbaik :
Program Studi D III Kebidanan 
Terbaik 1 Lizani Visla IPK 3,85
Terbaik 2 Wiliya Safitri IPK 3,59
Terbaik 3 Rahmawati IPK 3,43

Program Studi Ilmu Keperawatan 
Terbaik 1 Nova Mardiana IPK 3,84
Terbaik 2 Ninik Puspita Sari IPK 3,72
Terbaik 3 Novita Eka Sabriyana IPK 3,62

Program Studi Profesi Ners 
Terbaik 1 Aswin Hardi IPK 3,92
Terbaik 2 Etriyana IPK 3,92 
Terbaik 3 Dwi Heni Restuwati IPK 3,92

Wisudawati Berdedikasi 
Tiyana Lumban Raja Berusia 66 Tahun IPK 3,26 

Pada Wisuda Stikes Citra Delima Ke-VII selalu berkomitmen meluluskan sarjana yang unggul dan tangkas pada bidangnya. Selamat Bagi Wisudawan dan Wisudawati yang telah menyelesaikan pendidikan di STIKES Citra Delima Bangka Belitung. Salam Sukses dari STIKES Citra Delima Bangka Belitung.